SEMUA UNTUK SLAM

AHLAN WA SAHLAN

PERJUANGAN GARIS DEPAN WALAU KAU BUNUH JIWAKU TAK AKAN LARI AQIDAH DARIKU

Senin, 30 Mei 2011

ISLAM TEGAK DENGAN JIHAD


ijk 

Ikhwanul Mujahidun, ketahuilah bahwa tugas kita dalam hidup ini adalah menegakkan Dienullah (Agama Allah), an aqiemuddien (QS asy Syura 42: 13). Dan menegakkan Dienullah di muka bumi ini merupakan suatu pekerjaan yang mesti disertai dengan Jihad dan tidak akan pernah lepas darinya untuk selamanya. Di samping nasehat untuk menegakkan yang Haq dan nasehat untuk menetapkan kesabaran, Rasulullah n telah mendidik ummatnya menegakkan Islam dengan Da’wah dan Jihad. Da’wah bil Qur’an ketika di Makkah dan Da’wah bis Saif sejak beliau di Madinah sehingga wafatnya, beliau telah memimpin pasukan perang secara langsung sebanyak 68 kali salama 10 tahun di Madinah dan itulah sebaik-baik contoh.


Dan telah menjadi tabiat Agama Allah  bahwa ia tidak pernah tegak melainkan dengan dua perkara yaitu dengan Kitab dan besi. Renungkanlah firman Allah  dan hadits Rasulullah n.

Firman Allah :

لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ وَالْمِيزَانَ لِيَقُومَ النَّاسُ بِالْقِسْطِ وَأَنْزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللهُ مَنْ يَنْصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ إِنَّ اللهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ _

“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.”[1]

Menafsirkan ayat di atas telah berkata Ibnu Taimiyyah:
وَلَنْ يَقُوْمَ الدِّينُ إِلاَّ بِالْكِتَابِ وَالْمِيْزَانِ وَالْحَدِيْدِ، كِتَابٌ يَهْدِيْ بِهِ وَحَدِيْدٌ يَنْصُرُهُ، كَمَا قَالَ تَعَالَىْ  لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا .. الآية _ فَالْكِتَابُ بِهِ يَقُوْمُ الْعِلْمُ وَالدِّيْنُ، وَالْمِيْزَانُ بِهِ تَقُوْمُ الْحُقُوْقُ فِيْ الْعُقُوْدِ الْمَالِيَّةِ وَالْقَبُوْضِ، وَالْحَدِيْدُ بِهِ تَقُوْمُ الْحُدُوْدُ، وَقَالَ أَيْضًا: وَسُيُوْفُ الْمُسْلِمِيْنَ تَنْصُرُ هَذَا الشَّرْعُ وَهُوَ اْلكِتَابُ وَالسُّنَّةُ، كَمَا قَالَ جَابِرٍ بْنِ عَبْدِ الله (أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ ح أَنْ نَضْرِبَ بِهَذَا ـ يَعْنِي السَّيْفُ ـ مَنْ خَرَجَ عَنْ هَذَا ـ يَعْنِي الْمُصْحَفُ ـ) ، وَقَالَ أَيْضًا: فَإِنَّ قِوَامَ الدِّيْنِ بِالْكِتَابِ الْهَادِي وَالْحَدِيْدَ النَّاصِرَ كَمَا ذَكَرَهَ اللهُ تَعَالَىْ.

“Dan sekali-kali tidak akan tegak Dien ini kecuali dengan kitab, mizan (timbangan) dan besi, kitab sebagai petunjuk dan besi sebagai pembela, sebagaimana firman Allah: Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami…” Maka dengan kitab akan tegak ilmu dan dien, dengan mizan (neraca) akan tegak hak-hak dan transaksi serta serah terima keuangan dan dengan besi akan tegak hukum hudud.”[2]

Juga berkata: “dan pedang-pedang kaum muslimin sebagai pembela syari’at ini yang berupa al Kitab dan as Sunnah” sebagaimana yang dikatakan oleh Jabir bin Abdullah: “Kami diperintahkan oleh Rasulullah untuk memukul dengan ini, yaitu pedang, orang-orang yang keluar dari ini, yaitu al Qur’an.”[3]

Beliau berkata sesungguhnya tegaknya dien itu dengan kitab yang menjadi petunjuk dan besi yang menjadi pembela, sebagaimana yang disebutkan oleh Allah .[4]

Dari Ibnu Umar c berkata, Rasulullah n bersabda:
بُعِثْتُ بَيْنَ يَدَيْ السَّاعَةِ بِالسَّيْفِ حَتَّى يُعْبَدَ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، وَجُعِلَ رِزْقِي تَحْتَ ظِلِّ رُمْحِي ، وَجُعِلَ الذِّلَّةُ وَالصَّغَارُ عَلَى مَنْ خَالَفَ أَمْرِي ، وَمَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ .

“Aku diutus menjelang hari kiamat dengan pedang, sehingga Allah ta’ala sajalah yang diibadahi dan tidak ada sekutu bagi-Nya, dan dijadikan rizkiku di bawah naungan tombakku dan dijadikan hina serta rendah atas orang yang menyelisihi perintahku, dan barangsiapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongan mereka.”[5]
              
Adapun orang-orang yang menyangka bahwa kehidupan Jihad itu hanya semata-mata memerangi suatu kaum atau pergulatan demi mempertahankan hidup atau mengusir musuh yang menguasai sejengkal tanah, maka mereka itu belum memahami tabiat agama ini. Sesungguhnya Jihad itu adalah tugas wajib yang tergantung di leher setiap Muslim sejak qalam berjalan mencatat amal perbuatannya. Tidak ada jalan lolos daripadanya sehingga apabila seseorang meninggalkan kewajiban Jihad dalam masa-masa sekarang ini, maka boleh jadi dia menjadi fasiq atau pendurhaka. Kewajiban Jihad lebih didahulukan atas shalat dan puasa sebagaimana perkataan Ibnu Taimiyyah:

“Tiada sesuatu yang lebih wajib hukumnya setelah iman kepada Allah daripada menolak musuh yang menyerang kehormatan dan agama.”[6]

Artinya: Jihad itu didahulukan atas shalat, puasa, zakat dan haji serta kewajiban-kewajiban yang lainnya. Jika berbenturan antara kewajiban Jihad dan haji, maka hendaklah kewajiban Jihad didahulukan. Apabila kewajiban Jihad dan shalat berbenturan; maka kewajiban shalat ditangguhkansebentar, atau diqashar, atau dipersingkat, atau berubah bentuk dan keadaannya demi menyesuaikan dengan Jihad. Karena menghentikan Jihad sejenak sama dengan menghentikan gerak laju Agama Allah ‘Azza wa Jalla.

Ikhwanul Mujahidun, sesungguhnya Jihad itu merupakan perkara yang sangat penting dan bahwa antum adalah pelopor-pelopor kaum muslimin dan sekaligus perwira ummat ini. Antum adalah perintis kebangkitan di negeri dan wilayah dimana antum berada . Antum laksana detonator (sumbu api) yang akan meledakkan tenaga explosive (bahan peledak) di negeri antum. Sesungguhnya explosive yang tidak bekerja (non aktif) membutuhkan detonatr. Dan kalian adalah detonator-detonator itu dengan izin Allah. Beribu-ribu ton bahan explosive tanpa ada detonator yang kecil ini tidak akan berarti apa pun, tidak akan bernilai seperti sayap nyamuk pun dalam merubah sesuatu. Oleh karena itu, janganlah anda berputus asa atau merasa takut dan gentar, mau pun kecewa dalam mngemban tugas yang maha berat ini.

Firman Allah I:

وَلاَ تَيْئَسُوا مِنْ رَوْحِ اللهِ إِنَّهُ لاَ يَيْئَسُ مِنْ رَوْحِ اللهِ إِلاَّ الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ
… dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.”[7]
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Anda adalah Rijal pilihan Allah I. Maka pancangkanlah di hadapan antum bahwa Jihad itu adalah Risalah, misi dan kewajiban hidupmu sempai antum  bertemu dengan Allah ‘Azza wa Jalla. Seluruh kaum Muslimin di muka bumi ini akan terbeban dosa selama masih terdapat sejengkal bumi Islam yang berada di bawah kekuasaan orang-orang kafir. Dan setiap Muslim akan dihisab (diminta pertanggung-jawabannya) tentang negeri Andalusia (Spanyol), akan dihisab tentang jatuhnya Afghanistan dan negeri Asia Tengah yang lainnya seperti Palestina, Philipina, Turki dan negara-negara Islam yang berada dibawah cengkeraman musuh. Dan anda tak akan dapat lari dari pertanggung jawaban membela ummat Islam yang sedang teraniaya dan dizalimi oleh kaum kuffar di negara antum sendiri. Apakah antum menanti datangnya bantuan para mujahidin dari luar sedang anda tengah berpangku tangan membiarkan kezaliman orang-orang kafir terus berleluasa dengan konspirasi Kristen dan yahudi internasional untuk memusnahkan Islam dan ummatnya? Mengapa antum tidak bangkit mempertahankan kehormatan kaum Muslimin serta membela dan melindungi golongan mustadh’afin?

Firman Allah I:

وَمَا لَكُمْ لاَ تُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللهِ وَالْمُسْتَضْعَفِينَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ وَالْوِلْدَانِ الَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْ هَذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ أَهْلُهَا وَاجْعَل لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَل لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيرًا

“Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa: “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!.”[8]

Ikhwanul Mujahidun, sesungguhnya Jihad tidak mungkin akan tegak kecuali memenuhi dua syarat yang asas dan pokok. Pertama, sabar yang membuahkan keberanian yang jitu, terpahat di dalam hati dan diikuti oleh seluruh anggota badan. Kedua, dermawan yaitu siap mengorbankan yang paling berharga dari apa yang dimilikinya ialah jiwa raga, keluarga dan hartanya. Kedua syarat tersebut hampir hilang dari kehidupan ummat Islam hari ini, bahkan telah bertukar menjadi penakut dan pengecut, tertanam di benak mereka, sedang kehebatan dan ketinggian martabatnya telah tercabut dari hati-hati musuhnya. Keadaan mereka seperti buih di atas banjir besar tiada nilai dan kualitas. Rasulullah n bersabda:

يُوْشِكُ الأُمَمُ أَنْ تَدَاعَىْ عَلَيْكُمُ كَمَا تَدَاعَى الأَكَلَةُ إِلَىْ قَصْعَتِهَا ، فَقَالَ قَائِلٌ : وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ ؟ قَالَ : بَلْ أَنْتُمْ يَؤْمَئِذٍ كَثِيْرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزَعَنَّ اللهُ مِنْ صُدُوْرِ عَدُوِّكُمْ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللهُ فِيْ قُلُوْبِكُمُ الْوَهْنَ ، فَقَالَ قَائِلٌ : يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا الْوَهْنُ ؟ قَالَ : حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ ، وفي رواية لأحمد : حُبُّكُمْ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَتِكُمْ الْقِتَالُ .
Hampir semua ummat mengerumuni kamu dari seluruh penjuru, sebagaimana makanan di atas pinggan (piring). Seorang bertanya, “Ya Rasulullah, apakah karena jumlah kami yang sedikit pada waktu itu?” Beliau menjawab, “Tidak! (bahkan jumlah kamu banyak), tetapi kamu bagaikan buih, sebagaimana buih di atas air bah. Ia jadikan Wahn di dalam hati kamu, dan dicabut rasa takut pada musuh kamu, karena kamu cinta dunia dan takut mati”. Dalam riwayat lain, mereka bertanya, “Ya Rasulullah, apakah Al-Wahn itu?” Beliau menjawab, “Cintamu terhadap dunia, dan bencimu kepada perang.”[9]

Terlalu cinta kepada hidup dunia dan perhiasannya dan takut berjihad adalah puncak tragedy kebinasaan ummat Islam sepanjang masa. Dan kehinaan itu tidak akan hilang sehingga ummat Islam kembali kepada ajaran Jihad yang telah dicontohkan oleh Rasulullah n. Beliau bersabda:

إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ ، وَأَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ ، وَرَضِيتُمْ بِالزَّرْعِ ، وَتَرَكْتُمْ الْجِهَادَ ، سَلَّطَ اللهُ عَلَيْكُمْ ذُلاًّ لاَ يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوا إِلَى دِينِكُمْ .

“Bila kamu berjual‑beli dengan ‘inah (dengan cara riba dan penipuan), mengikuti ekor‑ekor sapi, menyukai bercocok tanam, dan kamu meninggalkan jihad, Allah akan menimpakan kehinaan ke atas kamu yang tidak akan dicabut sehingga kamu kembali kepada agamamu.”[10]

Ikhwanul Mujahidun, semut akan melaknat anda karena enggan berangkat Jihad. Dan ikan di laut hanya memintakan ampunan bagi mereka yang mau berjihad saja. Sebab mereka lah yang mengajarkan kebajikan kepada manusia, serta menjaga dan melindungi kebajikan itu dengan pedang, ruh dan darah mereka. Maukah anda sekiranya seluruh makhluq yang ada di daratan dan lautan melaknat anda karena lari dari tugas murni ini?

Firman Allah :

+ إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللاَّعِنُونَ _

“Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dila'nati Allah dan dila'nati (pula) oleh semua (mahluk) yang dapat mela'nati.”[11]

Bebaskanlah diri anda dari segala belenggu nafsu yang mengajak kepada kejahatan atau dunia beserta kenikmatannya yang sementara, melambai-lambai tangan merayu   agar antum mundur dari jalan ini. Bersihkanlah hati dan niat dari segala keterikatan di muka bumi ini. Sayyid Quthb dan Abul Hasan Ali an nadwi mengatakan tentang orang-orang Salaf, tentang orang-orang pilihan, tentang generasi sahabat yang mulia, generasi yang unik, katanya: “Tatkala jiwa mereka telah bersih dari segala keterikatan, dan Allah mengetahui bahwa mereka tidak mempunyai keinginan di permukaan bumi ini, hingga agama ini menang di tangan mereka, namun jiwa mereka tetap tidak pernah kembali bergantung ke atas kemenangan tersebut. Tatkala Allah mengetahui semua ini dari mereka, maka tahulah Dia bahwa mereka telah siap dipercaya mengemban Syari’ah Nya. Lalu Allah pun menjadikan mereka sebagai penguasa di atas bumi dan mengokohkan Dien mereka yang telah diridhai-Nya.[12] Inilah yang dimaksud dengan firman Allah:

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِي الزَّبُورِ مِنْ بَعْدِ الذِّكْرِ أَنَّ الأَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصَّالِحُونَ

“Sesungguhnya telah Kami tulis di dalam Zabur (kitab-kitab yang Kami turunkan) sudah tercantum (pada lauhul Mahfudz) bahwasanya, bumi ini akan turun diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang shalih.”[13]

Ingatlah, bahwa sekiranya kita beroleh kemenangan karena kita berjihad pada jalan-Nya, maka Allah akan mengurniakan pahala-Nya yang berlipat ganda sedang kita tidak akan dirugikan walau seberat zarah pun. Dan seandainya kita belum menemui kemenangan, Allah  tetap akan memelihara agama-Nya sehingga datangnya kiamat, sedang kita tetap mendapat karunia-Nya dan tidak akan dirugikan. Hanyalah tugas kita untuk tetap sabar dan istiqomah di jalan Jihad sehingga hanya datang dua ketentuan yaitu kita syahid karenanya atau menang dalam kemuliaan. Setiap langkah kaki kita di dunia akan menjadukan neraca timbangan di akhirat terangkat, maka sesungghunya pahala itu akan diletakkan di neraca timbangan akhirat.

Pena yang menguntai kata membentuk bahasa untuk menyeru manusia kembali kepada al-Haq pasti akan terus mengalir pahalanya. Seruan dari lisan para da’i yang tak henti-hentinya menyampaikan da’wah juga pasti akan mendapat balasan yang berlipat ganda.

Dan kepada para alim ulama khususnya, marilah bersama merenungkan hadits ini, yang selanjutnya tampil menjadi pembawa obor dan cahaya kebenaran di tengah segenap lapisan masyarakat dan memimpin para mujahidin berperang di medan laga sehingga memperoleh salah satu di antara dua, hidup mulia di bawah naungan Syari’ah Allah atau syahid di jalan-Nya.

Dari Ibnu Abbas c ia berkata, bahwa Rasulullah n bersabda:

أَقْرَبُ النَّاسِ مِنْ دَرَجَةِ النُّبُوَّةِ أَهْلُ الْعِلْمِ وَأَهْلُ الْجَهَادِ . أَمَّا أَهْلُ الْعَلْمِ فَدَلُّوْا النَّاسَ عَلَى مَا جَاءَتْ بِهِ الرُّسُلُ ، وَأَمَّا أَهْلُ الْجِهَادِ فَجَاهَدُوْ بِأَسْيَافِهِمْ عَلَى مَا جَاءَتْ بِهِ الرُّسُلُ .ُ

“Sedekat-dekat manusia dengan derajat kenabian ialah Ahli Ilmu dan Ahli Jihad. Adapun Ahli Ilmu mereka menunjukkan kepada manusia atas apa yang dibawa oleh para Rasul dan adapun Ahli Jihad mereka berjihad dengan pedang-pedang mereka atas apa yang dibawa oleh para Rasul.”[14]

Inilah dia Imam an Nawawi seorang ulama dan mujahid yang unggul. Beliau hidup di negeri Syam dan tinggal di sana hampir sebagian besar masa hidupnya. Namun demikian beliau tidak pernah memakan buah-buahan di negeri tersebut. Tatkala orang-orang menanyakan kepadanya: “Mengapa Tuan tidak makan buah-buahan negeri Syam?” Maka beliau menjawab: “Di sana ada kebun-kebun wakaf yang telah hilang. Maka saya khawatir makan buah-buahan dari kebun-kebun itu.”

Oleh karena itu, hati mereka bagaikan hati singa dan jiwa mereka laksana jiwa pendeta. Mereka laksana pendeta di malam hari dan bagaikan ksatria berkuda di siang hari. Mereka tak sudi berhenti di depan rintangan. Halangan dan rintangan yang bagaimana pun tingginya dan bagaimana pun sukarnya akan mereka terobos dan mereka lompati.

Tatkala tentara Tartar menyerbu negeri Syam, Zhahir Bebres berkata: “Saya menghendaki fatwa dari kalian wahai para ulama agar saya dapat menghimpu dana untuk membeli senjata guan menghadapi serangan bangsa Tartar. Maka seluruh ulama memberikan fatwa seperti yang diminta oleh Zhahir Bebres kecualai seorang. Dia adalah Muhyiddin an Nawawi. Zhahir bertanya: “Mana tanda tangan Nawawi?” mereka menjawab: “Dia menolak memberikan tanda tangan…”

Lalu Zhahir mengutus seorang untuk menjemputnya. Setelah Imam Nawawi datang Zhahir bertanya: “Kenapa anda mencegah saya mengumpulkan dana untuk mengusir serangan musuh. Serangan orang-orang kafir terhadapkaum Muslimin?” maka Imam Nawawi menjawab: “Ketahuilah, dahulu engkau datang pada kamihanya sebagai budak. Dan sekarang saya melihatmu mempunya banyak istana, pelayan lelaki dan wanita, emas, tanah, dan perkebunan. Jika semua itu telah engkau jual untuk membeli senjata, kemudia sesudahnya engkau masih memerlukan dana untuk mempersiapkan pasukan Muslimin, maka saya akan memberikan fatwa kepadamu…”

Zhahir Bebres amat marah mendengar ucapan Imam Nawawi, maka dia berkata: “Keluarlah engkau dari negeri Syam.” Lalu beliau keluar dari Syam dan menetap di rumahnya yang asli di desa Nawa. Pengusiran Imam Nawawi menimbulkan kemarahan para ulama, mereka datang menemui Zhahir Bebres dan berkata: “Kami tak mampu hidup tanpa kehadiran Imam Nawawi.”

Maka Zhahir pun mengatakan: “Kembalikanlah dia ke Syam.” Selanjutnya mereka pergi ke Nawa untuk membawa balik Imam Nawawi ke Syam. Akan tetapi Imam Nawai menolak ajakan mereka seraya mengatakan: “Demi Allah, saya tidak akan masuk negeri Syam selama Zhahir Bebres masih ada di sana.” Akhirnya Allah memperkenankan sumpahnya, Zhahir mati sebulan sesudah beliau mengucapkan sumpah. Maka kembalilah Imam Nawawi ke negeri Syam. Semoga Allah merahmatinya karena keikhlasannya dan keberaniannya.[15]


*****


[1].      QS al Hadiid, 57: 25.
[2].     Majmu’ Fatawa, XXXV/361.
[3].     Majmu’ Fatawa, XXV/365.
[4].     Majmu’ Fatawa, XXVIII/396. dan Lihat Tafsir Ibnu Katsier & Tafsir al Azhar.
[5].      HR Ahmad – no: 4869, 5409.
[6].      Majmuu’ al Fataawa, Ibnu Taimiyyah, juz 4, hal. 184.
[7].      QS Yusuf, 12: 87.
[8].      QS an Nisaa’, 4: 75.
[9].      HR Abu Dawud – no: 3745; Ahmad – no: 8356, 21363.
[10].     HR Ahmad – no: 4765, 5304; Abu Dawud 3003, Lihat Nailul Authar, 5/318; dan Silsilah al Ahaadits ash Shahihah, al‑Albani - no: 10, 11.
[11].     QS al Baqarah, 2: 159.
[12].     Tarbiyyah Jihadiyyah, asy Syahid Abdullah Azzam, jilid 3.
[13].   QS al Anbiyaa’, 21: 105.
[14].     HR Abu Na’im. Ihyaa’ ‘Ulumuddin 1/16.
[15].   Syarah Arba’in: Imam An Nawawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar