SEMUA UNTUK SLAM

AHLAN WA SAHLAN

PERJUANGAN GARIS DEPAN WALAU KAU BUNUH JIWAKU TAK AKAN LARI AQIDAH DARIKU

Sabtu, 21 Mei 2011

Strategi perang


Strategi perang adalah penggunaan pertempuran untuk mencapai tujuanperang.[1] Strategi adalah kunci pelaksanaan perang dan dikuasai oleh prinsip-prinsip yang menetapkan agar kekuatan besar melakukan aksi menyerang terhadap kekuatan musuh yang lemah untuk menghasilkan kemenangan.[2]
Istilah strategi juga banyak digunakan dalam dunia bisnis, politik, ekonomi, dan olah raga.

Daftar isi

·                     1 Proses Strategi
·                     2 Jenis Strategi
·                     3 Strategi
·                                             3.1 Darat
·                                             3.2 Laut
·                                             3.3 Udara
·                     4 Teorikus Ilmu Perang
·                     5 Lihat pula
·                     6 Referensi
·                     7 Pranala luar
Proses Strategi
1.                   Menentukan tujuan keamanan nasional sebagai dasar proses strategi.
2.                   Merumuskan strategi raya, lebih dikenal dengan istilah kebijakan.
3.                   Mengembangkan strategi militer.
4.                   Merancang strategi operasi.
5.                   Merumuskan strategi medan tempur, lebih dikenal dengan istilah taktik.
Jenis Strategi
·                     strategi militer
·                     strategi operasi
·                     strategi medan tempur/taktik
Strategi
Darat
Posisi merupakan masalah dalam strategi. Strategi membedakan posisi garis luar dan posisi garis dalam. Negara berada pada posisi garis luar apabila dapat mengepung lawan atau musuhnya. Posisi garis dalam adalah posisi satu negara yang menghadapi kemungkinan permusuhan dari negara di sekelilingnya.
Jerman pada perang dunia berada pada posisi garis dalam. Pada perang duniaI Jerman bersekutu dengan Austria, keduanya terletak di Eropa Tengah. Mereka menghadapi Perancis dan Inggris di bagian barat, Rusia di bagian timur, dan Italia di bagian selatan. Pada perang dunia II, Jerman bersekutu dengan Italia menghadapi Perancis dan Inggris di bagian barat, Polandia danUni soviet di bagian timur. Perancis dalam kepemimpinan Napoleon Bonaparte sering kali berada di posisi garis dalam.
Untuk memperoleh kemenangan, pada posisi garis dalam membutukan kemampuan manuver yang cepat dengan daya pukul yang tinggi sedangkan pada posisi garis luar memerlukan koordinasi dan komunikasi yang baik untuk mempertahankan dan memanfaatkan posisinya. Namun sulit untuk mengkoordinasikan dua atau lebih negara yang berbeda, meskipun mereka bersekutu. Selalu ada kesalahpahaman akibat dari prestis dan kebanggaan nasional masing-masing.
Laut
Kekuatan maritim sangat penting untuk mengembangkan kekuasaan negaramaupun menjamin kesejahteraannya.[3] Pengembangan kekuasaan negara lebih mudah dilakukan melalui laut daripada darat, seperti kekuasaanSpanyol atas dunia pada abad ke-16. Kekuasaan Spanyol direbut Inggris yang bersemboyan Inggris harus menguasai lautan untuk menguasai duniameskipun surut pada abad ke-20. Negara lain, seperti Perancis dan Jermanjuga ingin menguasai dunia dengan membangun armada lautnya. Pertempuran laut merupakan sebab terjadinya perang antara Perancis danInggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar